Tuesday, August 23, 2011

Ilmuwan Temukan Planet 'Putri Salju'


CALIFORNIA - Para ahli astronomi Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa sebuah planet kecil yang ditemukan oleh ilmuwan memiliki lapisan es dan sedikit atmosfir.

Seperti yang dikutip dari UPI, Rabu (24/8/2011), planet kecil berjuluk Snow White yang ditemukan tersebut ditutupi oleh lapisan es dan memiliki sedikit lapisan atmosfir.

Para ilmuwan di California Institute of Technology mengatakan bahwa planet kecil dengan nama sains 2007 OR10 tersebut mungkin memiliki sedikit lapisan methan, yang mana merupakan sisa unsur pembentuk atmosfir.

"Anda akan dapat melihat gambaran yang indah sebuah planet yang dulunya memiliki gunung berapi dan atmosfir, yang kini hanyalah planet dingin tanpa atmosfir," ujar Mike Brown, profesor of planetary astronomy dari California Institute of Technology.

"Planet kecil tersebut berada di ujung batas tata surya kita dan berukuran setengah dari Pluto," tambahnya.

Planet kecil yang berjarak jauh tersebut juga merupakan bagian dari kumpulan objek es antariksa di ujung Tata Surya kita yang bernama Kuiper Belt Objects.

"Kami kini sedang meneliti kapan planet Snow White 'hidup'," ungkap Brown.

"Selama 4 setengah miliar tahun, planet Snow White sudah berada di sana, dan kemudian mulai kehilangan atmosfirnya. Kini hanya sedikit sekali yang tersisa dari atmosfir planet kecil tersebut," pungkasnya.roiddin.blogspot.com

No comments:

Post a Comment